Selamat Datang

Mari bergabung membangun pendidikan di Nanggroe Aceh Darussalam

Rabu, 27 April 2011

Kegiatan LPT-PROFCOM tahun 2010


Tahun 2010 merupakan tahun dimana LKP LPT-PROFCOM   penuh dengan kegiatan-kegiatan di lembaga sendiri yaitu berupa kursus computer dan kegiatan di luar lembaga yaitu menyelenggarakan survey lapangan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi pendidikan di Aceh Barat khususnya dibidang pendidikan Teknologi, Informasi dan komunikasi (TIK).

A. KURSUS

               I.          Kursus Komputer Paket Privat (KK-PPv)
Kegiatan kursus komputer paket privat merupakan salah satu program kursus computer  yang diadakan oleh LPT-PROFCOM. Pada KK-PPv warga belajar mengikuti proses pembelajaran dengan system pengajaran 1 siswa dididik oleh 1 orang instruktur pengajar. Berdasarkan pengalaman selama ± 5 tahun system pembelajaran secara privat ini sangat efektif, dimana siswa akan mudah menerima pengajaran dan guru pengajar hanya fokus pada 1 orang siswa. 

Warga belajar yang telah lulus pada program KK-PPv sebagian besar sedang menempuh pendidikan, dan ada juga yang sudah bekerja baik di instansi Pemerintah seperti PDAM Aceh Barat, Bank BPD Aceh dan instansi lain, di dunia usaha dan dunia industri. Sayangnya saat laporan ini dibuat kami belum bisa mengumpulkan Succes History dari warga belajar yang telah lulus dan bekerja atau membuka usaha.

               II.          Kursus Komputer – Paket Program Kursus Gratis (KK-PPKG)
Sejak November 2009 LPT-PROFCOM mengadakan program khusus untuk menarik minat pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum serta pekerja baik di instansi pemerintah maupun swasta berupa program kursus computer gratis yang kami beri nama “Kursus Komputer – Program Paket Kursus Gratis” (KK-PPKG). Disini warga belajar mengikuti kursus computer selama ±3 bulan (19 kali pertemuan) dengan materi : Dasar-dasar computer, Microsoft Office word, Excel, Powerpoint dan Internet. Biaya kursus ditiadakan alias gratis, warga belajar hanya diminta membayar pendaftaran dan sertifikat dengan biaya yang terjangkau. Biaya-biaya tersebut dipergunakan untuk operasional pelaksanaan KK-PPKG antara lain : Insentive untuk instruktur pengajar, insentive untuk tenaga kependidikan, pengadaan modul pembelajaran, membayar rekening listrik, perawatan computer, dan biaya operasional lainnya. Dana untuk kegiatan ini juga didukung oleh Toko Professional Computer Meulaboh yang merupakan unit usaha dari LPT-PROFCOM, sedangkan dukungan dana lainnya hingga program ini berakhir pada Desember 2010 belum ada sama sekali baik dari Dinas Pendidikan Aceh Barat maupun dari pihak-pihak terkait lainnya.

Hasil dari program ini sangat mengagumkan karena ternyata minat masyarakat mengikuti kursus computer secara gratis ini sangat tinggi, ini terbukti dengan jumlah warga belajar mencapai 1342 orang dengan rincian secara garis besar : SMP 322 orang, SMA 519 orang, Mahasiswa 437 orang, dan masyarakat umum (Tamatan SMA, Pegawai Negeri Sipil, dan lain-lain) 64 orang, mulai KK-PPKG tahap 1 sampai dengan KK-PPKG tahap 5 , yang terdiri dari pelajar SD (kelas 5 dan 6), SMP, SMA, Mahasiswa, PNS yang berada di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya. Keinginan untuk mengikuti kursus tidak menghalangi mereka menempuh perjalanan yang cukup jauh, misalnya dari Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat yang jaraknya ± 80 Km (1,5 jam) perjalanan ke kota Meulaboh, begitu juga dari Jeuram Kabupaten Nagan Raya yang jaraknya ± 40 Km ke kota Meulaboh. Ini menunjukkan bahwa mereka ingin menguasai TIK, tetapi mereka tidak mengetahui harus kemana dan dimana dapat memperoleh ilmunya.

               III.          Kursus Komputer – Paket Program Kursus Gratis Lanjutan (KK-PPKG.L)
Setelah menyelesaikan program Kursus Komputer – Program Paket Kursus Gratis (KK-PPKG) yang merupakan program computer tingkat dasar, warga belajar diberikan kesempatan untuk mengikuti program computer tingkat menengah atau KK-PPKG.L). tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan warga belajar dalam menguasai program Microsoft Office dan internet serta print dokumen.

               IV.        Kursus Komputer – Paket Program Kursus Ramadhan 2010 (KK-PPKR.10)
Sesuai dengan namanya program ini diselenggarakan oleh LPT-PROFCOM pada bulan Ramadhan tahun 2010, khusus untuk pelajar SMP dan SMA. Warga belaja rmengikuti kursus selama 2 minggu (12 kali pertemuan) dengan materi Microsoft Word, Excel dan Powerpoint.

Kegiatan KK-PPKR.10 diikuti oleh pelajar dari sekolah-sekolah SMP dan SMA  dan masyarakat umum yang ada di Kota Meulaboh dan sekitarnya, dengan rincian jumlah warga belajar SMP : 18 orang dan SMA : 8 Orang dan 1 orang masyarakat umum. Semua warga belajar telah menyelesaikan program kursus tepat pada waktunya.

 
B.        Survey Lapangan
LPT-PROFCOM sangat peduli terhadap perkembangan pendidikan khususnya di Aceh Barat dan sekitarnya, sehingga dipandang perlu untuk mengadakan suatu survey lapangan terhadap perkembangan dunia pendidikan dan juga ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).

1.       Tujuan
Tujuan utama dari survey ini adalah : melihat perkembangan dunia pendidikan, ketersediaan dan kebutuhan tenaga kerja / tenaga terampil di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Aceh Barat dan sekitarnya.
Tujuan lainnya :
-          Bagi LPT-PROFCOM sendiri adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran, meningkatkan pelayanan, meningkatkan kepuasan warga belajar dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitsa LKP.
-          Bersama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang lain, dunia usaha dan dunia idustri, menjalin kerjasama untuk mendapatkan job order, dan meningkatkan daya serap lulusan dari lembaga ke dunia kerja.
2.       Sasaran
Kegiatan survey yang dilaksanakan dengan sasaran lembaga pendidikan formal dan non formal dari tingkat menengah hingga tingkat perguruan tinggi, stake holder di Desa/ Kelurahan, sebagai basis warga belajar. Instansi pemerintah dan swasta, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi) sebagai sumber-sumber eksternal dan juga sebagai pengguna lulusan.

3.       Hasil yang dicapai
Dari beberapa sasaran yang ingin di survey, berhubung waktu yang direncanakan (tanggal 24 November s/d 4 Desember 2010) dan juga  Surat Rekomendansi dari instansi terkait, dimana Surat Rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat berhasil didapatkan, sementara  Surat Rekomendasi dari Pemda Aceh Barat dalam hal ini Bupati Aceh Barat tidak berhasil didapatkan karena hingga batas akhir waktu pelaksanaan survey belum ditanda tangani oleh Bupati Aceh Barat. Oleh karena itu LPT-PROFCOM hanya dapat melakukan survey lapangan ke lembaga pendidikan formal yang ada di Kota Meulaboh dan di Kecamatan Meureubo Kab. Aceh Barat. Lembaga pendidikan formal yang berhasil di survey adalah 14 sekolah yang terdiri dari : 4 sekolah Tingkat SMP, 5 sekolah SMA dan 4 sekolah SMK. Sistem yang digunakan adalah dengan cara interview dengan kepala sekolah atau seseorang yang ditunjuk oleh kepala sekolah.
Hasil analisa dari survey lapangan tersebut adalah :
-        semua lembaga yang disurvey atau 100% mempunyai perangkat computer, sementara untuk Laptop/Notebook, Proyektor, Tape recorder, TV, dan CD Pembelajaran, belum semua sekolah memilikinya
-        35,71% lembaga mempunyai kesamaan visi dan 21,43% lembaga mempunyai kesamaan misi dengan LPT-PROFCOM tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
-        Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang dapat mengoperasikan computer hanya 202 orang dari 616 orang atau hanya 33,05%.
-        Tenaga pendidik computer / guru computer yang berkompetensi sangat rendah yaitu hanya 3 orang dari 73 orang atau hanya 8,93% saja.
-        Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang pernah mendapat pelatihan computer hanya 27,47%
-        Jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu berbahasa inggris adalah 8,90%
-        Sementara jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang pernah mendapat pelatihan bahasa inggris sejumlah 0,00%.
*Hasil analisa ini disusun berdasarkan hasil survey lapangan oleh staf LPT-PROFCOM pada tanggal 24 November s/d 4 Desember 2010.

Inilah beberapa kegiatan yang kami lakukan pada tahun 2010. Sayangnya pada tahun ini yaitu tahun 2011 hingga bulan April 2011 ini kami sedikit mengalami kemunduran karena masalah pendanaan. Oleh karena kami sangat berharap adanya perhatian dan bantuan baik moril maupun materil  dari donatur maupun pihak-pihak yang peduli akan pendidikan untuk anak-anak bangsa. 

Terimakasih.

TTD

Pimpinan LPT-PROFCOM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar